Sejarah Singkat Radio

pejuangpangan.com Merupakan media online yang mempunyai visi Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional. Dengan misi menyediakan informasi terbaru dan teraktual seputar dunia pertanian yang di himpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan untuk membantu petani dalam menghadapi persoalan di lapangan

Diharapkan bahwa hampir setiap rumah tangga di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu radio. Penemuan radio tergantung pada dua penemuan sebelumnya: elektromagnet dan telegraf.

Elektromagnet ditemukan pada tahun 1825. Penemuan ini membuka pintu bagi komunikasi global! Lima tahun kemudian, Joseph Henry berhasil mentransmisikan arus listrik melalui kawat yang membentang lebih dari satu mil dan yang menyebabkan elektromagnet memicu bunyi bel. Maka, lahirlah telegraf listrik

Salah satu nama yang paling dikenal terkait dengan telegraf adalah Samuel Morse yang paling terkenal untuk serangkaian titik (suara singkat) dan garis (suara lebih berkelanjutan) yang digunakan untuk mengirimkan pesan dengan kode alfabet (sehingga dikenal sebagai Kode Morse). Telegraph menjadi satu-satunya alat komunikasi jarak jauh yang cepat sampai tahun 1877 dan penemuan telepon.

Baterai menarik, bukan? Digunakan oleh konsumen umum, mereka adalah instrumen kecil, tetapi dikemas dengan kuat yang menghasilkan daya yang digunakan untuk banyak kamera, jam alarm, radio, dan perangkat lainnya. Apa yang memungkinkan produksi daya ini? Dalam hal telepon dan desain awal dan penggunaannya, baterai menghasilkan sumber daya penting untuk elektromagnet.

Baterai memiliki dua ujung tempat yang satu ditetapkan `+` atau positif, dan yang lainnya `-` atau negatif. Ketika perangkat yang dioperasikan dengan baterai dihidupkan, elektron yang diproduksi oleh baterai, dengan cepat berpindah dari sisi negatif ke sisi positif baterai. Dibutuhkan sesuatu untuk menghentikan aliran elektron yang cepat ini atau menemukan baterai benar-benar habis dalam waktu singkat

Untuk mencapai hal ini, sebuah kawat sering disisipkan di antara terminal positif dan negatif dan `beban`, seperti radio, menciptakan medan magnet kecil di kawat. Gelombang elektromagnetik yang hadir sekarang, memiliki kemampuan untuk mengirimkan suara (ucapan, musik, dan sebagainya) serta gambar visual yang tidak terdeteksi oleh penglihatan melalui udara.

Ada beberapa ilmuwan yang harus disebutkan sebagai penting untuk telepon seperti yang diketahui kebanyakan dari kita. Mahlon Loomis menciptakan telegraf nirkabel. Guglielmo Marconi, membuktikan kemungkinan komunikasi radio. Pada 1985 Marconi, mentransmisikan dan menerima sinyal radio. Menggunakan alfabet Morse, ia mengirim sinyal nirkabel pertama yang ditransmisikan melintasi Selat Inggris dan pada waktunya, ia dapat menerima huruf Morse S yang dimulai di Inggris dan mencapai Newfoundland yang menjadi awal radiotelegrafi transatlantik (1902).

Sinyal nirkabel mulai digunakan sebagai alat komunikasi untuk pekerjaan penyelamatan ketika kecelakaan atau bencana terjadi di laut. Pada tahun 1899, Angkatan Darat Amerika Serikat mulai menggunakan komunikasi nirkabel yang berasal dari lampu dari Pulau Api. Angkatan Laut AS sekitar dua tahun di belakang Angkatan Darat dalam menggunakan telegrafi nirkabel.

Pada tahun 1903, Presiden Roosevelt (Theodore) dan Raja Edward VII berkomunikasi melalui teknologi yang baru dan lebih baik ini. Robert Perry yang terkenal, menggunakan radiotelegraphy, menyampaikan pesan bahwa ia telah ‘menemukan Kutub`.

Radio AM pertama memasuki dunia telekomunikasi pada awal 1900-an. Perangkat ini memungkinkan penggunaan gelombang yang agak lemah untuk komunikasi. Ini adalah waktu ketika istilah `radio`, seperti yang kita kenal sekarang untuk perangkat radio, mulai digunakan.

Dipercayai bahwa pada 23 Desember 1900, profesor Reginald Aubrey Fessenden adalah orang pertama yang berhasil mentransmisikan suara manusia melalui gelombang radio. Pada 1915, pidato pertama kali dikirim di seluruh Amerika Serikat dimulai di New York City dan dikirim ke San Francisco. Beberapa waktu kemudian, transmisi terjadi melintasi Samudra Atlantik dari Arlington, Virginia, ke Paris di Menara Eiffel.

Ini benar-benar menarik semua ilmuwan dan teori fisika yang mengarah pada penemuan radio. Marconi, Alexander Popov, Oliver Lodge, Fessenden dan banyak lainnya, semuanya telah memberikan kontribusi penting pada sebuah penemuan yang membuat dunia sangat berbeda, yang kemungkinan besar tidak akan dibayangkan oleh siapa pun. Era radio lahir.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply